Subscribe RSS

Archive for the Category "Industri"

Sistem Kerja Genset Aug 21
sistem kerja pada mesin genset
komponen mesin genset

Buah Pikiran – Peran genset dalam kegiatan bisnis cukup penting untuk menghasilkan listrik ketika energi listrik dari PLN dirasa kurang memadai. Genset ini umumnya digunakan ketika terjadi pemadaman listrik dari PLN.

Genset atau generator set merupakan mesin elektrik yang digunakan untuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik dengan media medan magnet. Kontruksi generator terdiri atas bagian diam atau disebut sebagai stator dan bagian berputar atau rotor.

Generator set memiliki berbagai komponen diantaranya mesin, alternator, sistem bahan bakar, pengatur tegangan, sistem pendingin dan pembuangan, sistem pelumasan, pengisi baterai, panel kontrol, dan kerangka atau struktur utama.

Mesin

Genset terdapat berbaga ukuran mesin, dan ukuran mesin ini mengindikasikan berapa banyak listrik yang dapat dihasilkan. Mesin generator dapat dioperasikan dengan menggunakan bahan bakar seperti, seperti bensin, diesel, dan gas alam. Beberapa mesin generator beroperasi pada dua umpan diesel dan gas.

Terdapat 2 dia mesin katub pada generator yaitu overhead dan non-overhead. Katup overhead sendiri berfungsi untuk keluar masuknya udara pada bagian silinder mesin yang memiliki keunggulan lebih kecil dan lebih mudah guna digunakan dibandingkan katup non overhead, disisi lain harga katub non overhead lebih murah. 

Temukan harga genset murah disini

Cast Iron Sleeve adalah pelapis silinder mesin yang mengurangi keausan, memastikan daya tahan, dan penting untuk masa pakai yang lama terutama untuk generator yang digunakan secara teratur.

Alternator

Alternator adalah bagian dari generator yang menghasilkan listrik untuk . Stator dan rotornya bekerja dalam casingnya. Casing ini dapat terbuat dari logam atau plastik, tetapi logam lebih banyak digunakan karena lebih awet dan tahan lama. Alternator memiliki bantalan bola atau bantalan jarum, bantalan bola lebih tahan lama. Sebuah alternator dengan desain brushless akan menghasilkan daya yang lebih bersih dan membutuhkan lebih sedikit perawatan.

Sistem Bahan Bakar

Sistem bahan bakar generator mencakup koneksi pipa dari tangki bahan bakar ke mesin, pipa ventilasi, koneksi overflow dari tangki bahan bakar ke pipa pembuangan, pompa bahan bakar, filter bahan bakar, dan injektor bahan bakar. Generator komersial yang lebih besar dapat menggunakan tangki bahan bakar eksternal, sementara generator kecil memiliki tangki bahan bakar yang dipasang di atas unit atau sebagai bagian dari pangkalan.

Panel Control

Panel kontrol generator adalah tempat generator dihidupkan dan dimonitor selama operasi. Ini termasuk start dan shutdown listrik, dengan beberapa generator menyediakan operasi otomatis selama pemadaman listrik. Panel kontrol juga memiliki pengukur engine untuk memantau tekanan oli, suhu cairan pendingin, dan tegangan baterai.

Terdapat beberapa jenis genset diantarnaya genset portabel, genset rumahan, dan genset dengan kavasitas besar untuk kegiatan bisnis dan atau industri. Generator portabel dapat menggunakan kabel ekstensi untuk memberi daya pada peralatan kecil, sementara generator lain mungkin memiliki saklar transfer daya yang terhubung ke panel listrik utama untuk transfer listrik langsung tanpa kabel. Jenis generator yang digunakan tergantung pada aplikasi, perumahan atau komersial, dan jumlah output listrik yang dibutuhkan, sedikit untuk waktu yang singkat atau sementara, atau jumlah yang besar untuk jangka waktu yang lama.

Category: Industri  | Leave a Comment
Dampak Sampah Plastik Terhadap Kesehatan dan Lingkungan May 09

Adakah jenis sampah yang lebih sulit hancur didalam tanah selain sampah plastik? Mungkin anda akan menjawab jenis sampah yang bahan dasarnya terbuat dari kaca atau kaleng. Dari ketiga jenis sampah tersebut mana yang lebih banyak ? Tentu anda akan menjawab sampah plastik.

Sampah plastik terdapat disekitaran laut

Penggunaan plastik dalam sehari hari, selain lebih praktis, murah dan mudah didapatkan, menjadi alasan semakin hari sampah plastik tampak menggunung di TPST Bantar Gebang misalnya yang menampung 7000 ton/hr. Perlu diketahui menurut data Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI produksi sampah plastik indonesia berada di posisi kedua sampah domestik yakni 5,4 juta ton/thn

Selain itu pengelolaan sampah yang dianggap masih jauh dari optimal bila dibandingkan laju penggunaan plastik juga penyebab menggunungnya sampah plastik seperti yang kita lihat saat ini.

Pembuatan plastik yang berbahan dasar dari minyak bumi dan aneka bahan yang ditambahkan ke dalamya, menjadikan sampah plastik sulit terurai. Jenis kayu, rumput, dan makanan yang dibuang mengalami proses pembusukan yang disebut proses biodegradasi ketika tertimbun didalam tanah, semua bahan bahan tersebut di ubah bakteri di dalam tanah menjadi senyawa yang berguna, beda halnya pada sampah plastik.

Bahan dasar kantong plastik yang sering digunakan sehari hari berbahan polyethylene tidak dapat mengalami proses biodegradasi, akan tetapi sebenarnya pada pada plastik tersebut bisa saja terjadi fotodegradasi yaitu menjadi rapuh, terpecah-pecah bilamana terkena sinar ultraviolet dari sinar matahari. Akan tetapi hal tersebut tidak semudah yang kita pikirkan matahari dapat memecah, atau merapuhkan sampah plastik tersebut, dibutuhkan waktu setidaknya 500 hingga 1000 tahun agar terurai dengan sempurna.

Dampak Sampah Plastik Terhadap Lingkungan

Sampah plastik yang umumnya berbahan dasar dari polychlorinated biphenyl (PCB) memiliki struktur menyerupai DDT. Kantong plastik yang sulit di urai dalam tanah memiliki dampak buruk terhadap lingkungan yakni:

  1. Pencemaran tanah dan air di dalam tanah serta makluk lain yang berada di dalam tanah
  2. Racun yang berasal dari sampai plastik tersebut dapat membunuh hewan hewan pengurai dalam tanah seperti cacing misalnya.
  3. PCB yg tidak dapat terurui walaupun termakan oleh binatang maupun tanaman akan menjadi racun berantai sesuai dengan urutan rantai makanan.
  4. Mengurangi kesuburan tanah. Sampah plastik yang mengendap puluhan hingga ratusan tahun dalam tanah dapat mengurangi tingkat kesuburan tanah, dikarenakan sampah plastik jg menghalangi sirkulasi udara didalam tanah serta ruang gerak makhluk lain yang mampu menyuburkan tanah.
  5. Hewan-hewan di dalam tanah dapat terjerat dalam tumpukan plastik
  6. Ketika hewan mati, kantong plastik yang terdapat pada tubuhnya tidak akan hancur bahkan dapat meracuni hewan lainnya.
  7. Pembuangan sampah sembarang pada sungai dapat memperdangkal dan penyumbatan aliran sungi dan berakibat banjir ketika musim hujan.

Sampah plastik yang bertebaran di udara dapat menimbulkan
bahaya bagi kesehatan maupun lingkungan. Misalnya sampah
plastik jenis polyvinyl chloride (PVC) yg mengandung hologen,
akan memproduksi dioksidan bilamana dibakar. Dioksidan
adalah bagian dari komponan yang paling berbahaya yang
dihasilkan oleh manusia.

Dampak Sampah Plastik Terhadap Lingkungan

Sampai plastik, selain berdampak pada lingkungan, juga memiliki
efek terhadap masalah kesehatan manusia, dikutip dari klikdokter
berikut dampak yang ditimbulkan sampah plastik bagi kesehatan
mulai dari yang ringan hingga penyakit yang lebih serius:

  1. Menimbulkan penyakit kanker
  2. Endometriosis
  3. Kerusakan pada saraf.
  4. Dapat menyebabkan cacat lahir.
  5. Disrupsi endokrin.
  6. Dapat Berdampak pada kelainan perkembangan anak
  7. Menyebabkan terjadinya gangguan kesuburan.
  8. Gangguan organ reproduksi
  9. Penyakit asma
  10. Menyebabkan kerusakaan pada organ Multipel

Lihat juga:

  1. Jenis-jenis biji plastik dan kegunaannya
  2. Berbagai Kerajinan dari bahan Pallet bekas
Category: Industri  | Leave a Comment
Jenis Biji Plastik & Kegunaannya May 09

Apa Itu Biji Plastik?

Bagi sebagian besar orang, biji plastik tidak begitu familier dengan butiran-butiran yang berwarna putih dan bening ini. Biji Plastik merupakan bahan utama untuk membuat produk yang berbahan plastik seperti produk produk rumah tangga, elektronik, otomotif maupun produk lainnya yang berbahan plastik.

sample biji plastik

Biji plastik terbentuk dari bahan kimia yang dinamakan styrin monomer. Bahan tersebut kemudian dicampur dengan produk kimia lainnya selanjutnya dilakukan proses pemanasan hingga membentuk silinder yang memanjang, selanjutnya dibentuk menjadi keras untuk dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Alasan biji plastik sebagai alternatif pembuatan produk kebutuhan rumah tangga maupun elektronik, dikarenakan biji plastik lebih murah dibandingkan produk yang berbahan dasar tembaga ataupun alumunium. Selain itu plastik juga memiliki sejumlah keunggulan yaitu mampu menahan panas, bersifat non konduktor, dari segi fisik sangat mudah dikenali dan dibedakan, serta ekonomis. Akan tetapi biji plastik memiliki kelemahan yakni tidak ramah terhadap lingkungan dan beberapa diantaranya tergolong berbahaya.

Jenis jenis Biji Plastik

Terdapat beberapa jenis biji plastik dan manfaatnya:

  • Biji Plastik HDPE (High Density PolyEthylene)

Biji plastik jenis HD atau High Destinity umumnya digunakan untuk membuat botol susu, atau jenis botol kemasan lainnya seperti botol detergen, kemasan margarin, pipa air dan tempat sampah. Biji plastik ini memiliki sifat yang menggelembung bagus dibuat untuk tas kresek atau plastik pembungkus .

Biji plastik ini juga tergolong lebih aman digunakan dibandingkan dengan plastik PET sebab lebih tahan terhadap suhu tinggi. Seperti dijelaskan diatas jenis ini lebih banyak digunakan untuk pembuatan botol bayi botol tupperware, galon air minum, dan masih banyak lagi. sebenarnya biji plastik ini tidak disarankan penggunaan yang berulang-ulang, akan tetapi kenyataannya berbeda.

  • Biji Plastik PET (PolyEthylene Terephthalate)

Jenis ini biasanya digunakan untuk kemasan minuman mineral dalam bentuk botol. Biasanya kemasan ini digunakan hanya sekali saja, sebab bila digunakan berulang-ulang terlebih menggunakan air panas akan mengakibatkan polimer botol menjadi meleleh serta mengeluarkan zat karsinogenik yang berbahaya dan dapat menyababkan penyakit kanker.

  • Biji Plastik PP (PolyPropylene)

Biji plastik PP (PolyPropylene) merupakan biji plastik yang memiliki sifat kaku, tidak mengeluarkan bau, serta tahan terhadap bahan bahan kimia yang memiliki sifat melarutkan, asam dan basa.

Biji plastik ini banyak dimanfaatkan untuk komponen otomotif, peralatan laboratorium, wadah ataupun tempat yang dapat digunakan secara berulang-ulang, pengeras suara serta untuk keperluan alat tulis dan tekstil (tali karpet), dan masih banyak lagi.

Jenis ini juga sama seperti jenis plastik HDPE (High Density PolyEthylene) aman digunakan untuk pembungkus makanan. Keunggulan jenis plastik ini adalah, ringan dan tahap terhadap uap yang rendah, umumnya jenis biji plastik seperti ini digunakan untuk membuat botol minum bayi.

Jenis biji plastik ini juga biasa digunakan untuk membuat produk kebutuhan rumah tangga seperti, membuat ember, tali rafia, kantong kresek, sedotan maupun jenis produk lainnya.

  • Biji Plastik PS (PolyStyrene)

Biji plastik ini juga biasanya digunakan untuk membuat kemasan botol minuman dan makanan akan tetapi tidak dapat digunakan berulang-ulang, karena biji plastik ini mengandung bahan styrene yang cukup berbahaya bagi kesehatan otak dan juga dapat mengganggu hormon estrogen pada wanita yang mengakibatkan masalah reproduksi dan sistem saraf bila penggunaannya lebih dari sekali atau berulang ulang.

  • PVC (Polyvinyl Chloride)

PVC (Polyvinyl Chloride) merupakan jenis plastik polyvinyl chloride yang balik banyak sebagai bahan utama pembuatan pipa paralon, plastik pembungkus atau botol plastik wadah zat lain seperti botol detergen, parfume, jerigen minyak dan lain sebagainya. PVC tergolong tidak ramah lingkungan dan sangat sulit di daur ulang, jenis plastik ini biasanya ditandai dengan kode angka 3.

  • LDPE (Low Density Polyethylene)

Jenis plastik ini sangat aman digunakan untuk kemasan makanan karena sudah terverifikasi sebagai food grade. Baik konsumen maupun produsen sudah lama menggunakan jenis plastik ini sebagai botol maupun bungkus makanan. Ciri-ciri dari jenis plastik ini adalah memiliki sifat yang sangat lentur, fleksible akan tetapi cukup kuat dan tidak mudah retak ataupun sobek .

Meski jenis plastik ini tergolong sangat sulit di hancur di dalam tanah, akan tetapi setidaknya produk ini masih dapat di daur ulang dan sangat aman digunakan untuk produk kemasan makanan ataupun minuman. jenis plasitk ini biasanya ditandai dengan kode angka 4.

keunggulan lainya yang terdapat pada jenis plastik ini yaitu memiliki sifat anti korosi sehingga sering digunakan sebagai wadah peralatan laboratorium, lapisan kabel, bagian elektronik yang membutuhkan fleksibilitas lainnya. Perlu di ingat jenis plastik ini juga sangat rentan terhadap suhu panas, plastik ini hanya dapat bertahan pada suhu temperatur 90 derajat celcius.

  • Polycarbonate

Polycarbonate merupakan jenis plastik polimer termoplastik. jenis plastik ini memiliki sifat lebih tahan terhadap termal bila dibandingkan jenis plastik lainnya. Dari segi warna plastik ini memiliki warna yang sangat bening serta tahan terhadap benturan. Karena memiliki sifat yang kuat dan tahan terhadap benturan sehingga produk plastik ini sering digunakan sebagai bahan pembuatan atap plastik, dinding plastik maupun peralatan rumah tangga yang terbuat lainnya.

Polycarbonate juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan botol minum. Akan tetapi sebaiknya penggunaaan Polycarbonate lebih baik bila dihindari karena jenis plastik yang ditandai dangan angka 7 ini melepaskan bahan utama pembuatannya yaitu Bisphenol-A, Dengan begitu makanan atau minuman akan mudah terkontaminasi bahan kimia dan berpotensi merusak hormon.

Lihat juga:

Harga Pallet Plastik

Category: Industri  | Leave a Comment
Berbagai Kerajinan dari Kayu (Pallet Bekas) untuk furniture May 09

Umumnya kegunaan pallet kayu digunakan untuk menumpuk barang dan selanjutnya dikirim menggunakan ekspidisi agar kondisi barang di dalam pallet tidak rusak/stabil. fungsi utama dari pallet kayu memang digunakan sebagai packaging ekspedisi.

Namun seiring penggunaan pallet secara terus menerus tentu akan mengalami kerusakan. Hal ini bisa terjadi kemungkinan nilai ekonimis dari palet sudah .

Tapi bekas palet ini sering kali dianggap sebagai limbah sehingga dibuang begitu saja, padahal pallet bekas tersebut masih dapat digunakan sebagai bahan kerajinan yang dapat mendatangkan nilai ekonomis. Misalnya membuat meja dan kursi sederhana, lemari atau rak sepatu.

Bila kamu memang tidak menemukan pallet bekas untuk dijadikan sebagai bahan kerajinan, palet bekas banyak dijual di pasaran dengan harga kisaran Rp40.000. Akan tetapi bila kamu menginginkan jenis palet baru, biasanya harga pallet yang dipatok berkisar Rp100.000

Sementara untuk Ukuran pallet kayu cukup beragam, bergantung pada negara dalam menentukan standart packaging ekspedisi. ukuran yang paling umum digunakan adalah pallet kayu standar eropa yang memiliki ukuran 1 X 1,2 M.

Jenis kerajinan yang berasal dari pallet kayu bekas dapat berupa meja, rak buku, satu set kursi dan meja ruang tamu, dipan, tempat gelas, meja rias, dll.

  1. Meja

Melalui sentuhan dan sedikit modifikasi, pallet kayu bekas dapat disulap menjadi meja ruang tamu yang estetik.

sumber:idea.grid.id

Untuk membuat meja berbahan palet bekas ini tidak diperlukan keahlian khusus, cukup melihat gambar atau tutorial lewat video. Setelah meja terbentuk, tahap selanjutnya memberikan sentuhan tambahan berupa cat yang menyesuiakan warna cat ruang tamu anda.

Sebenarnya beragam jenis meja yang dapat dapat dibuat berbahan palet kayu ini, misalnya meja kerja, kursi dan meja di teras rumah, tinggal sesuaikan, jenis meja yang kamu butuhkan

  • Kursi dan meja, cocok untuk bersantai di depan teras
sumber; ifanobi.com

  • Meja Kerja Terbuat dari bahan pallet kayu
meja kerja terbuat dari pelat kayu via : ifanobi.com
  • Meja dan kursi tempat bersantai di taman
buat anda yang senang bersantai di taman, kursi ini bisa jadi pilihan via: ifanobi.com
  1. Rak Buku

Menciptakan Rak buku berbahan palet kayu bekas bisa dikatakan cukup mudah. karena pallet tersebut sudah berbentuk hanya menambah penyanggah di bagian tengah dan sedikit modifikasi agar terlihat indah. Agar terlihat rapi dan indah jangan lupa menambahkan cat yang soft.

rak buku dari berbahan palet kayu via idea.grid.id
  1. Lemari

Anda juga dapat menciptakan model lemari sederhana berbahan palet kayu. Dalam pembuatannya, upayakan menggunakan bahan kayu yang lebih keras untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Kamu dapat menemukan palet kayu bekas di pabarik atau gudang yang biasanya menggunakan jenis kayu pinus atau pine. Jenis kayu pinus dan pine merupakan standar pallet yang digunakan untuk pengiriman barang ke luar negeri.

Selain memiliki tingkat kekerasan yang tinggi, kayu pinus juga memiliki serat yang unik dan artistik yang dapat membuat tampilan furniture buatan kamu tampak lebih indah.

content image via rumahseminimalis.com

content image via rumahseminimalis.com
  1. Dipan

Pallet kayu juga dapat dimodifikasi menjadi dipan yang unik dan menarik. Cara membuatnya bisa dikatakan tergolong muda, tinggal tumpuk, disatukan, terakhir latkkan kasur diatasnya.

content image: idea.grid.id
  1. Tempat gelas

Membuat gantungan gelas berbahan palet kayu cukup mudah, anda hanya menambahkan gantungan gelas pada rak rak yang sudah tersedia sebelumnya dari palet kayu tersebut. Untuk gantungannya cukup banyak menjual dipasar.

rak gelas terbuat dari pallet kayu via idea.grid.id
  1. Meja Rias

Meja rias yang terbuat dari pallet kayu sepertinya tidak kalah menarik. cara membuatnya juga tergolong mudah.

content image:idea.grid.id
Category: Kerajinan  | Leave a Comment