Subscribe RSS

Archive for the Category "Kerajinan"

Berbagai Kerajinan dari Kayu (Pallet Bekas) untuk furniture May 09

Umumnya kegunaan pallet kayu digunakan untuk menumpuk barang dan selanjutnya dikirim menggunakan ekspidisi agar kondisi barang di dalam pallet tidak rusak/stabil. fungsi utama dari pallet kayu memang digunakan sebagai packaging ekspedisi.

Namun seiring penggunaan pallet secara terus menerus tentu akan mengalami kerusakan. Hal ini bisa terjadi kemungkinan nilai ekonimis dari palet sudah .

Tapi bekas palet ini sering kali dianggap sebagai limbah sehingga dibuang begitu saja, padahal pallet bekas tersebut masih dapat digunakan sebagai bahan kerajinan yang dapat mendatangkan nilai ekonomis. Misalnya membuat meja dan kursi sederhana, lemari atau rak sepatu.

Bila kamu memang tidak menemukan pallet bekas untuk dijadikan sebagai bahan kerajinan, palet bekas banyak dijual di pasaran dengan harga kisaran Rp40.000. Akan tetapi bila kamu menginginkan jenis palet baru, biasanya harga pallet yang dipatok berkisar Rp100.000

Sementara untuk Ukuran pallet kayu cukup beragam, bergantung pada negara dalam menentukan standart packaging ekspedisi. ukuran yang paling umum digunakan adalah pallet kayu standar eropa yang memiliki ukuran 1 X 1,2 M.

Jenis kerajinan yang berasal dari pallet kayu bekas dapat berupa meja, rak buku, satu set kursi dan meja ruang tamu, dipan, tempat gelas, meja rias, dll.

  1. Meja

Melalui sentuhan dan sedikit modifikasi, pallet kayu bekas dapat disulap menjadi meja ruang tamu yang estetik.

sumber:idea.grid.id

Untuk membuat meja berbahan palet bekas ini tidak diperlukan keahlian khusus, cukup melihat gambar atau tutorial lewat video. Setelah meja terbentuk, tahap selanjutnya memberikan sentuhan tambahan berupa cat yang menyesuiakan warna cat ruang tamu anda.

Sebenarnya beragam jenis meja yang dapat dapat dibuat berbahan palet kayu ini, misalnya meja kerja, kursi dan meja di teras rumah, tinggal sesuaikan, jenis meja yang kamu butuhkan

  • Kursi dan meja, cocok untuk bersantai di depan teras
sumber; ifanobi.com

  • Meja Kerja Terbuat dari bahan pallet kayu
meja kerja terbuat dari pelat kayu via : ifanobi.com
  • Meja dan kursi tempat bersantai di taman
buat anda yang senang bersantai di taman, kursi ini bisa jadi pilihan via: ifanobi.com
  1. Rak Buku

Menciptakan Rak buku berbahan palet kayu bekas bisa dikatakan cukup mudah. karena pallet tersebut sudah berbentuk hanya menambah penyanggah di bagian tengah dan sedikit modifikasi agar terlihat indah. Agar terlihat rapi dan indah jangan lupa menambahkan cat yang soft.

rak buku dari berbahan palet kayu via idea.grid.id
  1. Lemari

Anda juga dapat menciptakan model lemari sederhana berbahan palet kayu. Dalam pembuatannya, upayakan menggunakan bahan kayu yang lebih keras untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Kamu dapat menemukan palet kayu bekas di pabarik atau gudang yang biasanya menggunakan jenis kayu pinus atau pine. Jenis kayu pinus dan pine merupakan standar pallet yang digunakan untuk pengiriman barang ke luar negeri.

Selain memiliki tingkat kekerasan yang tinggi, kayu pinus juga memiliki serat yang unik dan artistik yang dapat membuat tampilan furniture buatan kamu tampak lebih indah.

content image via rumahseminimalis.com

content image via rumahseminimalis.com
  1. Dipan

Pallet kayu juga dapat dimodifikasi menjadi dipan yang unik dan menarik. Cara membuatnya bisa dikatakan tergolong muda, tinggal tumpuk, disatukan, terakhir latkkan kasur diatasnya.

content image: idea.grid.id
  1. Tempat gelas

Membuat gantungan gelas berbahan palet kayu cukup mudah, anda hanya menambahkan gantungan gelas pada rak rak yang sudah tersedia sebelumnya dari palet kayu tersebut. Untuk gantungannya cukup banyak menjual dipasar.

rak gelas terbuat dari pallet kayu via idea.grid.id
  1. Meja Rias

Meja rias yang terbuat dari pallet kayu sepertinya tidak kalah menarik. cara membuatnya juga tergolong mudah.

content image:idea.grid.id
Category: Kerajinan  | Leave a Comment