Subscribe RSS

Archive for the Category "Oto"

Kapan waktu yang tepat untuk membeli mobil bekas? May 17

Menjatuhkan pilihan untuk mobil bekas melalui pertimbangan tidak ada salahnya, selain dapat langsung mobil bekas pun memiliki keuntungan yang tidak anda miliki ketika membeli mobil baru misalnya harga yang lebih murah dll.

ilustrasi pengecekan mobil bekas bekas via : otospector

Baik mobil baru maupun mobil bekas dipasaran memiliki harga yang tidak stabil, hal ini tidak lain karena kondisi pasar. Ketika Harga lagi tinggi, orang menjadi bingung kapan yang tepat untuk membeli mobil bekas.

Waktu yang tepat untuk membeli mobil bekas

Semua membutuhkan waktu yang tepat, tidak terkecuali waktu yang tepat untuk membeli mobil bekas, begitu kira-kira.

#1 Sesaat setelah Hari Raya

Penurunan Harga mobil bekas saat hari raya khususnya idul fitri, biasanya dikarenakan faktor perioritas. Keinginan orang untuk tampil gaya maupun untuk menaikkan kelas atau derajat membuat kebanyakan orang menjatuhkan pilihannya pada mobil bekas.

Kondisi seperti ini, tentu membuat harga mobil bekas menjadi jatuh. Bahkan penurunan harga mobil bekas ini akan terus terjadi sesaat setelah lebaran. Hal ini terjadi dikarenakan kebanyakan orang sudah tidak mampu lagi membeli mobil pasca lebara, ditambah lagi sudah banyak orang yang membeli mobil baru sebelum lebaran tiba.

.Akan tetapi perlu anda ketahui, pasca lebaran bukan berart pasar mobil bekas mejadi lesuh atau sepi peminat. Momen seperti ini biasanya dimanfaatkan orang-orang cerdas.

Yang perlu anda ketahui

  • Banyak orang terlebih dahulu yang mengincar sebelum lebaran.

Yang perlu anda ketahui

Bila anda berniat untuk ikut berburu mobil bekas sesaat sebelum lebaran, sebaiknya anda sudah menyiapkan segala sesuatunya, karena sudah banyak peminat mobil bekas mulai mengincar untuk di beli, karena pada waktu tersebut merupakan harga mobil bekas pada turun.

  • Kamu bisa saja tidak kebagian harga yang murah tersebut.

Banyaknya peminat yang siap menampung mobil bekas sebelum lebaran, bisa saja hal ini membuat anda tidak kebagian mobil yang ingin kamu beli karena di dahului orang lain.

Untuk menyiasatinya anda harus tetap memantau mengenai perkembangan harga mobil bekas.

#2 Saat berdekatan dengan ajaran tahun baru

Bilamana pada saat lebaran, anda tidak kebagian mobil incaran kamu, atau harga mobil dianggap masih mahal. Pilihan waktu yang tepat untuk membeli mobil bekas lainnya adalah bila lebaran berdekatan dengan tahun ajaran baru.

Sudah menjadi rahasia umum, pada hari lebaran segala kebutuhan meningkat hampir 300%, termasuk untuk ongkos mudik lebaran, membeli baju baru, maupun untuk keperluan bagi bagi THR kepda sanak saudara.

Seperti dijelaskan diatas, banyak orang membeli mobil baru untuk digunakan saat mudik lebaran. Bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak tentunya biaya yang disiapkan untuk lebaran lebih tinggi lagi ketika mamasuki tahun ajaran baru.

Kondisi seperti membuat orang sangat jarang untuk membeli mobill bekas, dan pemilik dealer mobil bekas akan menjual dengan harga yang lebih murah dari biasanya.

#3 Saat tahun baru

Bila saat momen lebaran atau tahun ajaran baru, anda belum memiliki cukup uang untuk membeli mobil incaran kamu. Anda tidak perlu berkecil hati, sebab masih ada waktu lain dimana pada waktu tersebut harga mobil bekas lagi turun-turunnya.

Biasanya saat tahun baru, kebanyakan produsen mobil mengeluarkan produk terbaru mereka. Demi kelaracaran penjualan, pihak produsen pun gencara melakukan promosi terhadap produk baru mereka. Bila sudah seperti ini perhatian masyarakat akan tertuju dan teralihkan.

Tidak sedikit dari mereka tergiur oleh kata-kata iklan dan akhirnya memutuskan untuk fokus terhadap mobil baru. Selain itu mereka yang tergoda untuk memiliki mobil baru biasanya mereka akan menjual mobil lama mereka.

Category: Oto  | Leave a Comment
Perhatikan, apa saja barang yang harus ada dalam mobil anda May 16

Tidak sedikit yang menjadikan mobil sebagai rumah kedua. Artinya di dalam mobil tersebut tersedia perlengkapan yang ia butuhkan untuk mobilitas kesehariannya. Kesibukan, berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain, dan padatnya jadwal menjadi alasan kebanyakan orang menjadikan mobil sebagai rumah ke dua.

Akan tetapi, tidak jarang mereka mengabaikan yang harusnya barang barang tersebut ada di dalam kendaraan, karena ada saja hal yang mengharuskan anda membutuhkan barang – barang tersebut terlebih dalam kondisi darurat.

Apa saja barang-barang selalu ada di dalam mobil?

  1. Spare part

Spare part mobil cukp banyak dan beragam tidak mungkin juga anda menyiapkan setiap spare part dalam mobil anda. Anda tidak perlu membawa setiap spare part dalam mobil, cukup membawa yang paling sering terjadi masalah. Misalnya busi maupun sekring.

Bila anda baru saja mengganti busi, sebaiknya tidak langsung membuang busi yang lama bila masih cukup baik. Busi bekas tersebut, bisa saja membantu anda ketika dalam kondisi darurat dan memerlukan penggantian busi di jalan.

ilustrasi barang bawaan pada mobil via :rajamobil.com

Bila anda baru saja mengganti busi, sebaiknya tidak langsung membuang busi yang lama bila masih cukup baik. Busi bekas tersebut, bisa saja membantu ketika dalam kondisi darurat dan memerlukan penggantian busi di jalan.

Begitu juga halnya dengan sekring harus selalu tersedia dalam kotak peralatan anda. Bila anda sering melakukan perjalanan jauh, menyiapkan selang radiator perlu untuk dipertimbangkan.

2. Ban Serep

Hampir setiap mobil menyediakan ban serep, selain untuk berjaga-jaga, ban serep juga di wajibkan bagi pemilik kendaraan agar tidak di tilang. Selain itu, anda juga harus memperhatikan tekanan angin ban serep anda.

Karena ban serep jarang digunakan, sebaiknya menaikkan tekanan angin 2 psi di atas spesifikasi pabrik. Hal ini dilakukan untuk mengantisifasi pengempisan secara alami karena rembesan udara lewat pori-pori ban maupun pentil yang kinerjanya mulai menurun.

Menaikkan sebesar 2 psi tentu anda harus mengecek secara rutin, misalnya setiap 2 minggu sekali. Namun bila anda malas melakukan pengecekan secara rutin anda bisa menaikkan tekanan angin melebih 2 psi, misalkan 3-4 psi dari tekanan standart pabrik.

3. Kunci Roda

Ban serep tanap kunci roda dan dan dongkrak sepertinya tidak berfungsi. Jadi, kunci roda dan ban serep pasangan yang selalu ada di dalam mobil terlebih ketika perjalanan jauh.

4. Kabel Jumper

Kondisi yang sering tidak menyenangkan pada kendaraan anda mungkin kondisi aki yang tidak mampu untuk menghidupkan mesin.

5. Kotak P3K

Sama halnya dengan ban serep, kotak p3k harus selalu ada di dalam mobil, kemana pun anda pergi menggunakan mobil tersebut

6. Cairan pembersih

Cairan pembersih ini berfungsi ketika anda melakukan sedikit perbaikan pada mobil anda. Dengan cairan pembersih ini akan membantuk membersihkan tangan dari oli maupun minyak secara praktis.

7. Senter

Lagi-lagi mengantisifasi keadaan darurat. Sentar dapat dimanfaatkan menerangi kondisi gelap dan terpaksa harus sedikit perbaikan saat malam hari.

8. Tabung pemadam

Tabung pemadam merupakan salah satu peralatan yang sifatnya fital dan harus ada kemanapun anda pergi menggunakan mobil. Tabung pemadam ini berfungsi untuk memadamkan percikan api yang bisa saja terjadi

sumber:

  1. https://berita.rajamobil.com/tips-mobil/2018/06/01/barang-yang-wajib-ada-di-dalam-mobil.htm

Category: Oto  | Leave a Comment
Tekanan angin ban mobil May 16

Apakah anda salah satu yang belum tau berapa tekanan angin standar dan ideal untuk ban mobil?

Memperhatikan tekanan angin pada ban bentuk dilakukan penting agar ban mobil lebih awet dan tentunya demi keselamatan berkendara. Untuk itu Tenakan angin ban tidak boleh kurang atau terlalu keras.

ilustrasi pengisian angin ban mobil via

Tekanan angin ban yang kurang dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros, bahkan kerusakan pada pelek mobil anda. Selain itu tekanan angin yang kurang dapat menyebabkan umur ban mobil lebih pendek, terlebih kondisi medan yang ditempuh berlubang dan rusak.

Sementara bila tekanan angin terlalu keras juga tidak baik, karena menyebabkan bantingan setir (kemudi) lebih keras dan lebih bergetar.

Tekanan angin berlebih dapat menimbulkan getaran, tentu hal ini dapat mengganggu kenyamanan anda dalam berkendara.

Jadi berapa tekanan udara ban mobil yang ideal?

Sebenarnya jawabannya cukup sederhana, anda cukup melihat pada stiker di frame pilar sebelah kanan, buka pinta kanan depan bagian driver, di pilar B, disana terdapat stiker yang memuat informasi mengenai tekanan angin ban.

Lihat juga: Waktu yang tepat membeli mobil bekas

Category: Oto  | Leave a Comment