Subscribe RSS
Perhatikan, apa saja barang yang harus ada dalam mobil anda May 16

Tidak sedikit yang menjadikan mobil sebagai rumah kedua. Artinya di dalam mobil tersebut tersedia perlengkapan yang ia butuhkan untuk mobilitas kesehariannya. Kesibukan, berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain, dan padatnya jadwal menjadi alasan kebanyakan orang menjadikan mobil sebagai rumah ke dua.

Akan tetapi, tidak jarang mereka mengabaikan yang harusnya barang barang tersebut ada di dalam kendaraan, karena ada saja hal yang mengharuskan anda membutuhkan barang – barang tersebut terlebih dalam kondisi darurat.

Apa saja barang-barang selalu ada di dalam mobil?

  1. Spare part

Spare part mobil cukp banyak dan beragam tidak mungkin juga anda menyiapkan setiap spare part dalam mobil anda. Anda tidak perlu membawa setiap spare part dalam mobil, cukup membawa yang paling sering terjadi masalah. Misalnya busi maupun sekring.

Bila anda baru saja mengganti busi, sebaiknya tidak langsung membuang busi yang lama bila masih cukup baik. Busi bekas tersebut, bisa saja membantu anda ketika dalam kondisi darurat dan memerlukan penggantian busi di jalan.

ilustrasi barang bawaan pada mobil via :rajamobil.com

Bila anda baru saja mengganti busi, sebaiknya tidak langsung membuang busi yang lama bila masih cukup baik. Busi bekas tersebut, bisa saja membantu ketika dalam kondisi darurat dan memerlukan penggantian busi di jalan.

Begitu juga halnya dengan sekring harus selalu tersedia dalam kotak peralatan anda. Bila anda sering melakukan perjalanan jauh, menyiapkan selang radiator perlu untuk dipertimbangkan.

2. Ban Serep

Hampir setiap mobil menyediakan ban serep, selain untuk berjaga-jaga, ban serep juga di wajibkan bagi pemilik kendaraan agar tidak di tilang. Selain itu, anda juga harus memperhatikan tekanan angin ban serep anda.

Karena ban serep jarang digunakan, sebaiknya menaikkan tekanan angin 2 psi di atas spesifikasi pabrik. Hal ini dilakukan untuk mengantisifasi pengempisan secara alami karena rembesan udara lewat pori-pori ban maupun pentil yang kinerjanya mulai menurun.

Menaikkan sebesar 2 psi tentu anda harus mengecek secara rutin, misalnya setiap 2 minggu sekali. Namun bila anda malas melakukan pengecekan secara rutin anda bisa menaikkan tekanan angin melebih 2 psi, misalkan 3-4 psi dari tekanan standart pabrik.

3. Kunci Roda

Ban serep tanap kunci roda dan dan dongkrak sepertinya tidak berfungsi. Jadi, kunci roda dan ban serep pasangan yang selalu ada di dalam mobil terlebih ketika perjalanan jauh.

4. Kabel Jumper

Kondisi yang sering tidak menyenangkan pada kendaraan anda mungkin kondisi aki yang tidak mampu untuk menghidupkan mesin.

5. Kotak P3K

Sama halnya dengan ban serep, kotak p3k harus selalu ada di dalam mobil, kemana pun anda pergi menggunakan mobil tersebut

6. Cairan pembersih

Cairan pembersih ini berfungsi ketika anda melakukan sedikit perbaikan pada mobil anda. Dengan cairan pembersih ini akan membantuk membersihkan tangan dari oli maupun minyak secara praktis.

7. Senter

Lagi-lagi mengantisifasi keadaan darurat. Sentar dapat dimanfaatkan menerangi kondisi gelap dan terpaksa harus sedikit perbaikan saat malam hari.

8. Tabung pemadam

Tabung pemadam merupakan salah satu peralatan yang sifatnya fital dan harus ada kemanapun anda pergi menggunakan mobil. Tabung pemadam ini berfungsi untuk memadamkan percikan api yang bisa saja terjadi

sumber:

  1. https://berita.rajamobil.com/tips-mobil/2018/06/01/barang-yang-wajib-ada-di-dalam-mobil.htm

Category: Oto
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.