Subscribe RSS
Sistem Kerja Genset Aug 21
sistem kerja pada mesin genset
komponen mesin genset

Buah Pikiran – Peran genset dalam kegiatan bisnis cukup penting untuk menghasilkan listrik ketika energi listrik dari PLN dirasa kurang memadai. Genset ini umumnya digunakan ketika terjadi pemadaman listrik dari PLN.

Genset atau generator set merupakan mesin elektrik yang digunakan untuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik dengan media medan magnet. Kontruksi generator terdiri atas bagian diam atau disebut sebagai stator dan bagian berputar atau rotor.

Generator set memiliki berbagai komponen diantaranya mesin, alternator, sistem bahan bakar, pengatur tegangan, sistem pendingin dan pembuangan, sistem pelumasan, pengisi baterai, panel kontrol, dan kerangka atau struktur utama.

Mesin

Genset terdapat berbaga ukuran mesin, dan ukuran mesin ini mengindikasikan berapa banyak listrik yang dapat dihasilkan. Mesin generator dapat dioperasikan dengan menggunakan bahan bakar seperti, seperti bensin, diesel, dan gas alam. Beberapa mesin generator beroperasi pada dua umpan diesel dan gas.

Terdapat 2 dia mesin katub pada generator yaitu overhead dan non-overhead. Katup overhead sendiri berfungsi untuk keluar masuknya udara pada bagian silinder mesin yang memiliki keunggulan lebih kecil dan lebih mudah guna digunakan dibandingkan katup non overhead, disisi lain harga katub non overhead lebih murah. 

Temukan harga genset murah disini

Cast Iron Sleeve adalah pelapis silinder mesin yang mengurangi keausan, memastikan daya tahan, dan penting untuk masa pakai yang lama terutama untuk generator yang digunakan secara teratur.

Alternator

Alternator adalah bagian dari generator yang menghasilkan listrik untuk . Stator dan rotornya bekerja dalam casingnya. Casing ini dapat terbuat dari logam atau plastik, tetapi logam lebih banyak digunakan karena lebih awet dan tahan lama. Alternator memiliki bantalan bola atau bantalan jarum, bantalan bola lebih tahan lama. Sebuah alternator dengan desain brushless akan menghasilkan daya yang lebih bersih dan membutuhkan lebih sedikit perawatan.

Sistem Bahan Bakar

Sistem bahan bakar generator mencakup koneksi pipa dari tangki bahan bakar ke mesin, pipa ventilasi, koneksi overflow dari tangki bahan bakar ke pipa pembuangan, pompa bahan bakar, filter bahan bakar, dan injektor bahan bakar. Generator komersial yang lebih besar dapat menggunakan tangki bahan bakar eksternal, sementara generator kecil memiliki tangki bahan bakar yang dipasang di atas unit atau sebagai bagian dari pangkalan.

Panel Control

Panel kontrol generator adalah tempat generator dihidupkan dan dimonitor selama operasi. Ini termasuk start dan shutdown listrik, dengan beberapa generator menyediakan operasi otomatis selama pemadaman listrik. Panel kontrol juga memiliki pengukur engine untuk memantau tekanan oli, suhu cairan pendingin, dan tegangan baterai.

Terdapat beberapa jenis genset diantarnaya genset portabel, genset rumahan, dan genset dengan kavasitas besar untuk kegiatan bisnis dan atau industri. Generator portabel dapat menggunakan kabel ekstensi untuk memberi daya pada peralatan kecil, sementara generator lain mungkin memiliki saklar transfer daya yang terhubung ke panel listrik utama untuk transfer listrik langsung tanpa kabel. Jenis generator yang digunakan tergantung pada aplikasi, perumahan atau komersial, dan jumlah output listrik yang dibutuhkan, sedikit untuk waktu yang singkat atau sementara, atau jumlah yang besar untuk jangka waktu yang lama.

Category: Industri
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.